Kenali Macam-Macam Nutrisi pada Makanan

Kenali Macam-Macam Nutrisi pada Makanan

Kesempatan kali ini, yuk belajar mengenai macam-macam nutrisi pada makanan. Seringkali makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak diketahui apa saja nutrisi yang terkandung di dalamnya. Padahal hal ini penting sekali lho teman bio. Karena dengan mengetahui macam-macam nutrisi pada makanan yang kita makan, kita akan tahu apakah makanan yang masuk sudah memenuhi kebutuhan tubuh?

Menurut KBBI zat makanan adalah segala bahan yang kita makan atau masuk ke dalam tubuh yang membentuk atau mengganti jaringan tubuh, memberikan tenaga, atau mengatur semua proses dalam tubuh. Berarti di dalam zat yang kita makan mengandung gizi tertentu yang diperlukan oleh tubuh.

macam-macam nutrisi pada makanan

Macam-macam Nutrisi pada Makanan

1.Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung karbon yang siap digunakan oleh sel. Setiap satu gramnya mengandung 4kal.   Karbohidrat tersusun oleh C, H, dan O. Berdasarkan gugus gulanya, karbohidrat dibagi menjadi tiga golongan yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Sumber karbohidrat sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Seperti jagung, gandum, padi, kentang, gandum, ubi-ubian, singkong dan sagu.

2. Protein

Senyawa protein tersusun dari C, H, O, dan N. Molekul protein juga kadangkala mengandung P, S. Protein merupakan kumpulan beberapa asam amino yang diikat oleh ikatan peptida. Asam amino dalam protein ada yang bersifat esensial (tidak dapat dibuat tubuh) dan non esensial (dapat dibuat oleh tubuh). Beberapa fungsi protein yaitu sebagai zat pengatur metabolisme dalam tubuh berbentuk enzim dan hormon, berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan sel dalam tubuh, dan juga berfungsi sebagai sumber energi.

Kandungan kalorinya sama seperti karbohidrat 4 kal. Protein berdasarkan sumbernya berasal dari hewan dan tumbuhan. Contoh protein hewani seperti ikan, daging, telur. Sedangkan contoh protein nabati (tumbuhan) pada umumnya berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Lemak

Lemak juga sama seperti karbohidrat dan protein berfungsi sebagai sumber energi. Lemak adalah senyawa kimia yang tidak dapat larut dalam air yang terdiri dari C, H, dan O. Karena tidak dapat larut dalam air, maka lemak harus dilarutkan menggunakan pelarut khusus seperti eter dan benzene. Bobot energi yang dihasilkan dua kali lebih besar dibandingkan karbohidrat dan protein. Setiap satu gramnya mengandung 9 kal.

Fungsi lain lemak adalah sebagai pembangun dasar jaringan tubuh dan dapat menunda rasa lapar. Lemak dapat berasal dari hewan dan tumbuhan. Contoh lemak hewani : Susu, telur, mentega. Lemak nabati (tumbuhan) seperti kelapa, kacang tanah, dan minyak zaitun.

4. Vitamin

Vitamin merupakan senyawa kompleks yang keberadaannya hanya dibutuhkan sedikit oleh tubuh. Namun, meski sedikit harus tetap ada. Karena jika tidak, keseimbangan tubuh akan terganggu. Vitamin ada yang bisa larut dalam air (vitamin B dan C) dan ada yang yang dapat larut dengan lemak (vitamin A. D. E dan K). Fungsi vitamin adalah sebagai pengatur kegiatan dalam tubuh dan tidak menghasilkan energi. Ini alasan kenapa vitamin hanya dibutuhkan dengan jumlah kecil.

5. Mineral

Kebutuhan mineral oleh tubuh sama dengan kebutuhan terhadap vitamin. Dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun cukup penting bagi tubuh manusia. Mineral dibagi menjadi dua golongan, makromineral dan mikromineral. Makromineral dibutuhkan dalam jumlah yang lebih banyak dari pada mikromineral. Contoh makromineral adalah fosfor, kalsium, kalium, sulfur dan natrium. Mikromineral seperti kromium, iodin, besi, dan mangan.  Fungsi mineral adalah untuk menyeimbangkan kadar asam-basa dalam tubuh, sebagai kofaktor dan katalisator metabolisme tubuh.

6. Air

Air tersusun dari dua atom H dan satu atom O. Air dalam tubuh manusia berfungsi untuk melarutkan zat makanan dan vitamin, membantu proses metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan dalam tubuh, serta mengangkut bahan makanan ke jaringan tubuh.

Nah, itulah keenam macam-macam nutrisi pada makanan. Coba teman bio identifikasi makanan yang masuk ke dalam tubuh hari ini. Apakah sudah terdiri dari keenam zat tersebut di atas?

 

Penulis : Arinal Haq.

Akrab disapa Arin. Saat ini masih menempuh perkuliahan di UIN KHAS Jember jurusan Tadris Biologi. Hobi yang ditekuninya saat ini adalah membaca dan menulis. Doanya, semoga dari apa yang dia tulis dapat bermanfaat untuk banyak orang sebagaimana dia mendapat manfaat dari tulisan orang lain.

 

admin

Hello, yuk belajar Biologi bersama kami!

One thought on “Kenali Macam-Macam Nutrisi pada Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *