Yuk, Kenalan Dengan Ekosistem Utama Di Sekitar Kita  

Yuk, Kenalan Dengan Ekosistem Utama Di Sekitar Kita   

Teman bio, sudah tahu kan apa sebenarnya ekosistem itu? Ekosistem adalah suatu hubungan yang tidak bisa terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat mereka berada. Ekosistem ini terbentuk karena adanya dua komponen utama. Yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda mati).

Contoh dari komponen biotik atau makhluk hidup seperti manusia, hewan dan juga tumbuhan. Sedangkan untuk komponen mati atau abiotik adalah suhu udara, sinar matahari, air dan juga tanah.

Teman bio sudah tahu belum, kalau ada 3 macam ekosistem utama di sekitar kita, apa aja? Berikut ulasannya

3 Macam Ekosistem Utama Di Sekitar Kita Dan Makhluk Hidup Yang Ada Di Dalamnya

ekosistem utama

  1. Ekosistem Air

Ada beberapa jenis ekosistem air, yaitu

  • Ekosistem air tawar, kadar dalam pada ekosistem ini lebih rendah jika dibandingkan dengan ekosistem air lainnya. Sumber air yang diperlukan biasanya datang dari mata air bawah tanah. Dimana suhu air tersebut bisa stabil. Jenis tanaman yang hidup pada ekosistem ini biasanya adalah ganggang, dan kategori ini seperti danau, rawa dan juga sungai.
  • Ekosistem laut, Seperti yang teman bio tahu, air laut sudah tentu mengandung kadar garam. Ekosistem air kaut ini sungguh sangat luas, karena didalamnya tinggal berbagai jenis biota laut, tumbuhan seperti rumput laut dan algpun ada di sana. Begitu juga hewan dari yang terkecil hingga yang terbesar lengkap dengan terumbu karangnya.

Ekosistem laut ini termasuk juga ekosistem laut dalam. Yang letaknya berada pada kedalaman lebih dari 6.000 m. Disana tak banyak makhluk hidup yang bisa bertahan hidup, contoh penghuninya adalah bakteri.

  • Ekosistem estuari, ekosistem ini berada pada pertemuan sungai dan laut. Berupa muara sungai yang sangat lebar dan rawa-rawa pantai. Disini juga tak banyak hewan yang bisa bertahan hidup, karena adanya perpaduan air tawar dan air laut, nampun adapula hewan yang bisa hidup dalam ekosistem ini, seperti kerang, cacing, siput dan tiram.
  • Ekosistem pantai, teman bio tahu kan? Perbatasan darat dan laut itu adalah pantai. Ciri utama ekosistem ini adalah berada pada daerah berpasir dan terkadang ada batu karang. Beberapa penghuni ekosistem ini adalah bakau Akau mangrove, kelapa, ganggang, udang, kepiting, juga anemone.
  • Ekosistem terumbu karang, Ekosist ini merupakan ekosistem yang sangat penting. Alasannya adalah disanalah terjadi proses perkembangbiakan ikan laut. Biasanya ikan-ikan kecil ini hidup menempel pada sekitaran terumbu karang. Terumbu karang sendiri adalah daerah berkarang yang berada di bawah laut.
  1. Ekosistem Darat

Pada Ekosistem ini juga terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya adalah

  • Hutan hujan tropis

Sesuai dengan namanya, hutan tropis ini berada di wilayah tropis dan subtropis. Biasanya ada tumbuhan berupa pohon-pohon tinggi dan besar. Tanahnya lebih subur dan juga lembab. Hutan tropis menjadi tempat hidup favoritnya ribuan flora dan fauna, juga sangat berperan penting untuk menjaga agar tidak terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Tumbuhan yang hidup pada ekosistem jenis ini seperti jati, Ulin, mahoni, dan bunga anggrek hutan. Adapula hewan seperti monyet, gajah, beberapa jenis burung, harimau dan lain sebagainya.

  • Sabana

Sabana ini merupakan daerah Padang rumput yang sangat kuat dan dikelilingi oleh beberapa pohon. Sabana ada di daerah NTT, NTB, Afrika, Australia, juga Amerika Utara. Meskipun tidak semuanya, lebih banyak hewan yang hidup disana adalah jenis hewan pemangsa tumbuhan seperti gajah, zebra, juga jerapah.

  • Gurun

Gurun adalah wilayah yang sangat luas, gersang, tandus dan sangat panas juga udaranya cenderung kering. Seperti Gurun Sahara di Afikka dan Gobi di Asia. Hanya makhluk hidup yang tahan sama hawa oanaslah yang bisa hidup disana. Contohnya seperti aneha pohon kaktus, pohon kurma, hewan unta juga burung unta.

  • Taiga

Adalah ekosistem yang berada di antara daerah subtropis dan kutub. Disana musim dingin akan lebih lama dan musim panas justru terjadi dengan sangat singkat. Seperti wilayah Rusia, Skandinavia, Siberia, Alaska juga Canada. Tumbuhan yang bisa hudup disana adalah Pinus dan Cemara. Hewannya adalah beruang, serigala, juga ada beberapa burung yang berimigrasi.

  • Tundra

Tubdra ini adalah ekosistem yang sangat dingin. Biasanya pada keseluruhan daerahnya ditutup oleh es. Tidak banyak makhluk hidup yang bisa bertahan hidup disana. Ekosistem tundra ada di daerah kutub. Hewan yang hidup disana adalah bison kutub, rusa kutub, pinguin, kelinci salju, juga beruang kutub. Sedangkan tumbuhan pada ekosiste ini biasanya sejenis rumput dan lumut.

  • Karst

Jenis ekosistem ini didominasi oleh bebatuan kapur. Banyak gua yang terbentuk di daerah karst ini, wilayahnya biasanya bertanah kering dan sama sekali tidak subur. Contoh makhluk hidup yang ada disana adalah berbagai jenis kaba-laba, udang, kelelawar, juga pohon khas gua.

  1. Ekosistem Buatan

Nah, untuk jenis yang ketiga ini adalah ekosistem buatan. Sesuai dengan namanya bahwa ekosistem ini dibuat oleh manusia. Tujuannya salah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti bendungan, hutan buatan, sawah, kebun dan juga peternakan.

Nah teman bio, itulah beberapa penjelasan tentang ekosistem dan beberapa contoh serta makhluk hidup yang ada di dalamnya. Dari sekian banyak ekosistem tadi, adalah yang begitu dekat dengan tempat dimana teman bio tinggal?

 

Tentang Penulis
Chasanatul Abniyah, akrab disapa dengan nama Sasha, adalah seorang ibu pembelajar yang selain membaca dan menulis ia memiliki hobi memasak. Lahir di kota bunga-malang , ibu tiga anak ini mulai menuliskan cerita kesehariannya di blog sejak dua tahun terakhir dengan harapan apa yang dia tulis bisa bermanfaat untuk seseorang yang kebetulan membacanya. Silahkan mampir dan baca tulisan recehnya di www.bundaimut.my.id

admin

Hello, yuk belajar Biologi bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *